Bakti Sosial Himania : Bazar Pakaian Murah 3000-an Hingga Ajarkan Catur ke Anak-Anak


Himpunan Mahasiwa Administrasi Niaga atau yang biasa disebut dengan Himania, memiiki sejumlah program kerja yang harus dipenuhi disetiap periodenya. Salah satunya adalah Bakti Sosial yang pada tahun ini diadakan di Dusun Tengo Desa Kemiri. Dengan bertemakan pendidikan, Himpunan ini disamping memberikan bantuan brupa pembagian sembako, bazar murah, dan pemberian dana ke masjid juga mengadakan kegiatan edukasi ke warga sekitar khususnya bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini, yakni tanggal 26 sampai 28 Juli 2013 turut mengajak warga sekber (anggota Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya) untuk terlibat dalam kegiatan teresebut. Selama kegiatan berlangung, panitia maupun peserta bertempat tinggal di rumah warga yang telah meminta izin sebelumnya. Ibu wiwin, salah atu pemilik rumah mengatakan tidak keberatan dan tidak merasa direpotkan dengan kedatangan mahasiswa-mahasiswa Politeknik Negeri Malang tersebut. “mboten ngrepotin kok mbak, seneng wonten lare-lare. Rame” ungkapnya sambil tersenyum.

hmnia

Para fungsionaris mengajarkan origami pada anak-anak sekitar

Di hari  pertama para fungionaris Himania mengajak anak – anak sekitar untuk bermain sambil belajar. Seperti pembuatan origami, membaca dongeng dan sedikit mengenalkan catur pada anak-anak yang mayoritasnya berusia 8 tahun itu. Pada malam harinya akan mengundang warga sekitar dalam bazar murah. Dimana dalam bazar murah tersebut menjual pakaian layak yang berhasil dikumpulkan dari sumbangan berbagai pihak, mahasiwa, dosen

maupun dari pihak intern (fungsionaris Himania). Barang-barang yang terkumpul dari berbagai pihak tersebut sebagian dijual dengan harga Rp 1.000 higga 3.000 dan sebagian lagi akan diberikan ke warga secara gratis. Uang hasil penjualan tersebut akan diberikan kepada masjid sekitar. “Jadi semuanya akan kembali ke warga”  ungkap ketua pelaksana Ashaq Lupito.

Melalui berbagai bantuan dari berbagai pihak dan sejumlah sponsor, dalam kegiatan tersebut direncanakan akan diadakan pengobatan gratis dari daku sehat. Selain itu terdapat perpustakaan keliling dari pihak sponsor lainnya, mobil yang berisikan berbagai jenis buku untuk warga sekitar. Panitia juga akan membuatkan tempat baca di TPQ dan masjid sekitar. Dihari terakhir, minggu (28/7) akan diadakan pembagian sembako bagi warga yang termasuk pada daftar rumah tangga miskin yang berjumlah sekitar 100 KK. Tidak hanya kegiatan membantu warga saja, Himania juga mengadakan berbagai perlombaan bagi anak-anak sekitar, salah satunya adalah hafalan surat al’quran yang akan diadakaan usai jam sekolah.

Kegiatan yang bertepatan pada libur akhir semester ini menjadi salah satu kendala yang dialami oleh panitia. Pasalnya, kegiatan yang berlangung selama liburan akan menyulitkan panitia dalam penggalangan dana dari warga kampus dan kekurangan Sumber Daya Manusia yang membantu kegiatan tersebut, tapi terlepas dari itu semua kegiatan bakti sosial yang dipersiapkan kurang lebih 1 bulan setengah itu dapat terlaksana dengan baik. Warga Desa Kemiri sanggat senang dan antusias adanya kegiatan ini trutama bagi alya, anak yang duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar ini mengaku senang dapat belajar catur dan mendengarkan dongeng. “Alya, seneng bisa maen sama mbak dan mas disini” seru alya yang tengah asik melihat buku cerita dari dongeng 1001 malan yang dipegangnya.

“Kegiatan yang menjadi program kerja Himania tiap tahun ini diharapkan dapat menjembatani rasa peduli dari donatur dan pihak sponsor kepada wilayah-wilayah yang membutuhkan bantuan” ungkap ketua pelaksana yang baru akan mencapai semeter 3 ini. (cus/tito)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s