TRY OUT UMPN UKM PP


Memasuki bulan Juni berbagai perguruan tinggi mulai membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa yang sibuk mencari jenjang pendidikan yang akan disinggahinya. Pendaftaran dan serangkaian ujian masuk sudah dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi, tak terkecuali Politeknik Negeri Malang yang telah membuka berbagai macam jalur masuk, dimulai tanggal 11 Februari 2013 hingga 21 Juni 2013.

Sambutan dari pihak penyelenggara

Sambutan dari pihak penyelenggara

Membantu persiapan calon mahasiswa baru dalam menghadapi Ujian Masuk Politeknik Negeri Malang (UMPN) yang akan berlangsung pada tanggal 8 Juni 2013 tersebut, Unit Kegiatan Mahasiswa Pendidikan dan Penalaran (UKM PP), mengadakan simulasi UMPN. Simulasi atau try out tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Juni 2013. Pendaftaran yang telah dibuka dari tanggal 7 Mei 2013-31 Juni 2013 melalui jejaring sosial (web Politeknik Negeri Malang, Facebook, dsb.), brosur dan pamflet ini berhasil mengundang 389 peserta dari dalam maupun luar Jawa yang terdiri dari 249 peserta try out jurusan teknik (rekayasa) dan 140 peserta try out non teknik (tata niaga).

Try out tersebut diselenggarakan di Aula Pertamina pada pukul 07.00 WIB-11.50 WIB bagi peserta Try Out teknik (rekayasa), sedangkan bagi peserta non teknik (tata niaga) dilaksanakan pada pukul 12.20 WIB-17.20 WIB. Sebelum pengerjaan soal yang berlangsung selama 3 (tiga) jam terdapat beberapa sambutan dan pengenalan panitia penyelenggara. “Sesi tersebut untuk mengurangi ketegangan peserta,” ungkap ketua pelaksana yang berasal dari prodi Sistem Kelistrikan (SKL).

Soal yang diberikan oleh penyelenggara terdiri dari 130 soal dengan spesifikasi 80 soal akademik dan 50 soal skolastik, mengikuti standar yang diberikan oleh pihak Politeknik Negeri Malang untuk ujian masuk tahun 2013. Ketua pelaksana, Aan M. Ilham memaparkan bahwa pembuatan soal try out diperoleh dari referensi soal masuk Politeknik Negeri Malang tahun-tahun sebelumnya dan soal Politeknik di daerah lainnya. Dalam penyusunan soal, panitia bekerja sama dengan bimbingan belajar “Master Prima” untuk mengonsultasikan soal-soal yang telah disaring.

Usai simulasi UMPN (try out) acara diiisi panitia dengan pengenalan singkat UKM PP dan Politeknik Negeri Malang selama 10 menit. Tidak hanya itu UKM PP juga memberikan training motivasi selama 30 menit oleh Hasyim Ashari S.Pd. dari pihak Master Prima. Beliau disambut baik oleh peserta try out bahkan menurut salah satu peserta yakni Nanda, siswi SMA Negeri 1 Pare berharap sesi training motivasi ini diperpanjang.

Seusai sesi tersebut, UKM PP memberikan sesi pembahasan soal. Sebelum try out ini diselenggarakan, para fungsionaris UKM PP mendapatkan pelatihan dari Master Prima mengenai penyelesaian soal-soal yang diberikan kepada peserta, jadi para fungsionaris yang bertanggung jawab dalam sesi pembahasan sudah dapat membimbing peserta try out. “Namun sangat disayangkan pembahasan soal yang diberikan tidak seluruhnya, ungkap Nanda.

Program Kerja (Proker) UKM PP ini dinilai sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa yang ingin masuk di Politeknik Negeri Malang. “Dengan adanya try out ini saya bisa lebih mempersiapkan UMPN,” ungkap Anisa. (cs/cn)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s