Explore Your Creativity melalui War of Graphic


War of Graphic merupakan program kerja baru yang diusung Lembaga Pers Mahasiswa Komunikasi Pendidikan (LPM KOMPEN) Polinema. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 25 November 2012 di lantai kedua Dieng Computer Square. Tujuan terselenggaranya event ini adalah untuk  mengasah kreativitas dan memberi wadah bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat yang mempunyai hobi, minat dan bakat dibidang blog dan fotografi. Selain itu acara ini juga berperan untuk memperkenalkan Politeknik Negeri Malang terutama LPM KOMPEN pada masyarakat luas.

”Lomba blog dan instagram ini digelar karena era sekarang adalah era digital sehingga semua mengarah ke IT (Information Technology), maka dari itu sebagai organisasi yang bergerak di bidang jurnalistik kita mengadakan lomba yang berbentuk blog dan fotografi dengan aplikasi instagram yang sedang trend saat ini sebagai media pendukung,” ujar Raditya Hendrawan selaku ketua pelaksana acara bergengsi ini. Bidang yang dilombakan pada event ini yaitu lomba blog yang bertemakan “Bersama IT Membangun Negeri” untuk tingkat SMP dan SMA/SMK sederajat. Sementara lomba instagram dengan sasaran masyarakat umum bertemakan “Teenage, Lifestyle & Gadgets.” Para peserta kedua lomba tersebut memperebutkan total hadiah senilai Rp 3.150.00,00.

Peserta dalam acara ini tidak hanya dari Kota Malang saja tetapi dari berbagai pelosok di  Propinsi Jawa Timur seperti Kota Banyuwangi, Lamongan, Tuban dan Madiun. Meskipun baru pertama kali diadakan kegiatan ini cukup sukses, dilihat dari antusiasme peserta dan pengunjung dihari pelaksanaan. Sementara itu kegiatan yang berada dipusat IT di kota pendidikan ini turut mendukung kesuksesan acara. Pengunjung yang datang berburu gadgets sekaligus dapat menikmati karya foto instagram dan presentasi dari lima finalis terbaik lomba blog yang diselenggarakan pada hari itu.

DSC_9173

Presentasi salah satu peserta lomba blog

Mengenai sistem penilaiannya sendiri, untuk lomba blog, karya yang telah dikirim oleh masing-masing tim yang beranggotakan maksimal tiga orang ini diseleksi sesuai kriteria penilaian yang ditentukan. Dari tahap penyeleksian ini diperoleh lima tim finalis yang akan mempresentasikan karyanya di depan para juri di Dieng Computer Square. Adapun yang menjadi juri pada lomba ini adalah dosen-dosen Polinema yaitu Ibu Atiqah Nurul Asri dan Bapak Pramana Yoga.

Dari hasil penilaian presentasi tersebut diketahui posisi juara pertama diraih tim “Sahabat IT” yang beranggotakan Muhammad Syarifuddin Ilham dan Hario Noviyanto dari SMK Telkom Sandhy Putra. Sementara itu posisi juara kedua berhasil diperoleh tim “Aksel Tech Crew” dengan anggota Muhammad Azzam Mujaddid dan Muhammad Aruman Hasmi yang berasal dari MAN 2 Madiun dan juara ketiga diisi oleh tim “D’Cicak Maaf” dengan anggota Deo Pradipta Putra Setyadi, Reyazandi Dwi Wahyudi dan Putri Angie Lestari dari SMAN 1 Glagah. “Kami mempersiapkan blog ini hanya dalam waktu empat hari,” ujar Tio, sapaan akrab Hario Noviyanto, dengan sumringah. Mereka menambahkan bahwa mereka juga pernah mengikuti berbagai lomba blog tetapi gagal. Namun karena semangat yang berkobar dan memiliki jiwa yang tidak mudah putus asa, mereka terus mencoba mengikuti beberapa perlombaan hingga akhirnya memenangkan lomba blog ini.

DSC_9244

Penyerahan hadiah juara 1 lomba blog

Sementara itu untuk penilaian lomba instagram dilakukan oleh seorang fotografer yang bernama Hafizh. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek penilaian, diperolehlah empat pemenang yaitu Meuthia Firdausi sebagai juara pertama, Ahmad Bagus Pambudi sebagai juara kedua, Kemal Rachma Hadi sebagai juara ketiga dan posisi juara favorit berhasil diraih Haryo Vendy Brahmantyo. Berbeda dengan ketiga juara yang dinilai oleh juri, penilaian juara favorit dilakukan oleh pengunjung dengan menempelkan sticker berbentuk hati pada foto yang disukai. Meuthia sebagai salah seorang pemenang mengungkapkan bahwa sebelumnya dia tidak berniat mengikuti lomba tersebut. Tetapi atas ajakan temannya, dia tertarik untuk mengikuti ajang ini. Berawal dari keisengan dan totalitasnya untuk menghasilkan karya, dia berhasil memenangkan lomba dan mengalahkan peserta lainnya. Dia berharap acara seperti ini dapat kembali diselenggarakan dikepengurusan selanjutnya.

DSC_9102

Suasana display lomba Instagram

“Semoga LPM KOMPEN bisa menyelenggarakan event seperti ini lagi, yang lebih besar dan lebih baik tentunya,” ujar Raditya. Dia berharap melalui acara-acara semacam ini akan lahir insan-insan yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi demi kemajuan Negara Indonesia. (tka)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s