APMPI TIMBA ILMU JURNALISTIK


Image

Manado-Belasan delegasi Musyawarah Nasional (Munas)VI Aliansi Pers Mahasiswa Politeknik Indonesia (APMPI) sangat antusias mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) di Kampus Politeknik Manado, Kamis (26/7) kemarin. Dua pemateri dari Manado Post, Bahtin Razak dan Idam Malewa mengeksplorasi pengetahuan tentang jurnalistik. Keduanya menguraikan teknik peliputan (how to get), teknik penulisan (how to write) dan teknik penyajian (how to present). Di sesi pertama, Idam menjelaskan seputar profesi wartawan yang independen tapi tak harus orientasi pasar. “Kita jurnalis sama dengan profesi akuntan, dokter, atau pengacara. Sebuah profesi yang dipayungi UU sendiri, yaitu UU nomor 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik,” ujar Koordinator Liputan di Harian Manado Post ini.

Wartawan harus paham dengan selera pasar.”Pers mahasiswa selalu menjadi ujung tombak kontrol sosial di kampus masing-masing. Tapi, di dunia nyata pers tidak ada yang namanya independen murni.” Katanya.

Bahtin Razak sebagai pemateri teknik fotografi dan teknik penulisan feature banyak mengulas, jenis-jenis angle foto dan gaya mengambil gambar yang baik. Mereka mengaku baru kali ini mendapatkan ilmu tentang jurnalistik. Pelatnas yang diikuti 19 mahasiswa pengelola pers kampus Politeknik, dari 10 kampus Politeknik Jakarta, Malang, Bandung, Palembang, Pontianak, Banjarmasin dan Manado, ikut diberikan 12 Rukun Iman Manado Post (Jawa Pos). Dari Poltek Manado, mengutus Sofya Madiu, Putri Widodo, Sitty Hullah dan Febriana Langkay. Sehari sebelumnya, Munas yang diketahui Tirza Mamentu berhasil memilih Rawsyan Viker dari Politeknik Sriwijaya Palembang.(irz/gyp)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s