Ongkos Politik Mahal, Korupsi Jadi Sahabat


JAKARTA – Untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) harus merogoh kocek yang tak kecil nilainya, mulai dari ratusan juta hingga puluhan miliar. Namun setelah terpilih diduga para anggota dewan yang sudah duduk menjadi anggota DPR tersebut akan mencari kembali uang yang sudah dikeluarkanya.

Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengatakan hal tersebut marak terjadi karena cara pandang terhadap korupsi yang keliru.

“Faktor dominanya karena cara pandang terhadap korupsi, korupsi dipandang bukan tindakan jahat. Bukan kriminal. Tapi sahabat yang dengan cepat mengantarkan mereka ke pencapaian-pencapaian politis dan sosial yang lebih tinggi,” ucapnya saat berbincang dengan okezone melalui sambungan telepon, Jumat (11/5/2012).

Kata Ray, bila isi kepala calon anggota dewan telah kompromi dengan korupsi, maka tindak pidana korupsi tidak terkait lagi dengan kaya atau miskin. “Faktor korupsi sudah sangat dalam, yakni menyangkut isi kepala orang terhadap makna korupsi,” tambahnya.

Ray menambahkan cara meminimalisir persoalan tersebut dimulai dari internal partai sendiri yang ketat dalam melakukan pengawasan. “Dimulai dari pengawasan partai, kalau partai bersikap lembut malah terkesan membiarkan, maka praktek itu akan merajalela,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Politikus senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pramono Anung mengatakan, setidaknya ada empat kategori latar belakang seseorang jika akan maju sebagai anggota legislatif. Yakni publik figur, aktivis partai maupun aktivis sosial masyarakat, Pensiunan TNI/Polri dan pengusaha.

Pram juga mengatakan secara rinci kisaran anggaran yang akan dikeluarkan untuk ke empat kategori tersebut. Pengeluaran publik figur antara Rp100 juta sampai Rp500 juta. Aktivis partai antara Rp300 juta sampai Rp1 miliar. Untuk pensiunan birokrasi di atas Rp1 miliar sampai Rp1,8 miliar. Sedangkan pengusaha di atas Rp1,8 miliar sampai dengan Rp22 miliar untuk maju sebagai caleg.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s