SeNTIA ke-4 Turut Rayakan Dies Natalies ke-30 Polinema


Image

Untuk yang ke empat kalinya, Kampus Biru ini menghelat SeNTIA (Seminar Nasional Teknologi dan Aplikasinya) pada tanggal 26-27 April 2012 yang bertempat di Aula Pertamina. Acara yang diketuai oleh Dr. M. Sarosa Dipl. Ing, MT (Dosen Jurusan Teknik Elektro) bertujuan selain untuk memperingati dies natalies ke-30 Polinema, juga untuk mempublikasikan pengetahuan teknologi dan aplikasinya. Kegiatan ini sendiri terlihat ramai peminat terbukti dari pendaftar yang ingin menjadi pemateri seminar hingga mencapai 110 orang baik dari mahasiswa maupun dosen, sedangkan dilihat dari jumlah peserta yang hadir mencapai 300 orang.

Ketika ditanyai mengenai konsep seminar, dosen yang telah memimpin acara ini selama empat kali menjelaskan bahwa seminar ini memiliki tema yaitu peran pengembangan aplikasi teknologi dalam membangun karakter bangsa. Selain itu, seminar ini merupakan wadah publikasi penelitian milik dosen dan mahasiswa yang kemudian untuk proses presentasinya semua peserta dibagi menurut bidang nya masing-masing. Untuk bidangnya meliputi teknik elektronika, teknik informatika, sistem kelistrikan, teknik telekomunikasi, teknik mesin, teknik kimia, teknik sipil, pendidikan, serta manajemen dan bisnis.

Beberapa pemateri yang menjadi keynote speaker antara lain  dari Dirjen DIKTI yaitu Prof. Dr. Djoko Santoso, dari ITB yaitu prof. doktor Bambang Riyanto dan dari UB yaitu Prof. Eko Ganish Yunianto PhD.

Selain menyajikan seminar bertajuk teknologi dan aplikasinya, SeNTIA kali ini menghadirkan pameran dari semua jurusan yang ada di Polinema, yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi dan Administrasi Bisnis.

Banyak sekali produk-produk karya mahasiswa yang ditampilkan disini, contohnya dari Jurusan Teknik Sipil yang mempersembahkan jembatan kayu pejalan kaki (pemenang kontes KJI 2011 di Universitas Indonesia) dan jembatan bentang panjang (pemenang kontes KJI 2011 di Universitas Indonesia). Selain itu ada pula dari jurusan teknik mesin yang menunjukkan mesin-mesin karya mahasiswa seperti mesin pencetak bakso, mesin pengekstrasi buah, mesin pembuat keripik.

Tak ketinggalan dari jurusan elektro yang memamerkan belasan robot-robot ataupun alat charger portable. Diikuti pula jurusan  teknik kimia, administrasi bisnis dan akuntansi yang menghasilkan karya-karya unik seperti Air Hexagonal, batik indonesia, dan kerajinan tangan yang lain.

Harapan dari Bapak Sarosa sendiri untuk SeNTIA ke-4 ini adalah agar semua mahasiswa menjadi lebih proaktif untuk berkarya dan mempublikasikan karyanya. Bahkan untuk karya-karya berupa TA ataupun skripsi juga tidak boleh dianggap sepele. SeNTIA sebagai wadah publikasi karya harus benar-benar bisa dimaksimalkan demi kemajuan perkembangan teknologi kedepannya, sehingga tidak hanya mahasiswa atau Polinema yang diuntungkan, bahkan Republik Indonesia ini juga akan bisa merasakan hasilnya.(rachmat)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s