Keikutsertaan Rispol pada Tabligh Akbar Nasional di PonPes Lirboyo Kediri


 

              Semangat pihak kampus biru terhadap kegiatan kemahasiswaan selalu memberikan respon positif demi tujuan menciptakan lulusan berkarakter baik layaknya sifat masyarakat Indonesia pada dasarnya. Misal pada kegiatan studi ekskursi LPM Kompen (Lembaga Pers Mahasiswa Komunikasi Pendidikan) di Kantor Graha Pena Surabaya milik Jawa Pos. Contoh yang terbaru kali ini adalah mengenai pemberian izin terhadap UKM Rispol (Kerohanian Islam Polinema) untuk mengikuti kegiatan Tabligh Akbar Nasional pada hari Minggu (29 April 2012) yang diadakan oleh Pondok Pesantren Lirboyo – Kediri dengan pembicara Habib Omar yang berasal dari Hadramaut – Yaman.

                Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih sejumlah 34 orang yang kemudian menggunakan 1 bus dinas Polinema sebagai alat transportasi. Dalam perjalanan inipun, Bapak Abdul Choliq menjadi pendamping rombongan.

                Rachmat selaku ketua bidang kaderisasi menjelaskan mengenai landasan mengikuti kegiatan yang diusulkan oleh UKM Rispol ke pihak atasan, bahwa kegiatan ini berfungsi untuk menambah wawasan ruhiyah dari mahasiswa yang mengikuti tabligh akbar. Karena disana, kita bisa mendengar secara langsung penjelasan dari Habib Omar berkenaan agama Islam. Tak hanya itu, kegiatan ini juga berfungsi untuk menambah pengetahuan anggota Rispol berkenaan pengadaan kegiatan yang begitu besar sehingga kedepannya UKM Rispol bisa mengadakan acara yang serupa dilingkungan Polinema.

                Dilihat dari segi pengadaan kegiatan tabligh akbar, PonPes Lirboyo – Kediri patut dijadikan contoh, karena mampu mengadakan acara dengan mendatangkan pemateri dari luar negeri, yaitu Habib Omar dari Yaman. Tak hanya itu, beberapa ustadz internasional yang lain juga diundang, misal dari Mesir atau bahkan Amerika Serikat. Dan jika dilihat dari jumlah ummat yang hadir dalam tabligh akbar ini mencapai ribuan, karena datang dari banyak daerah dari Indonesia seperti Kota Bojonegoro, Kota Batu, dan lainnya.

                Bapak Abdul Choliq selaku pendamping sendiri menyampaikan rasa senangnya setelah mengikuti kegiatan ini sembari berkata,”Kegiatan ini sangat bagus dan cocok untuk adik-adik di Rispol.” Dengan adanya kegiatan ini pula, kedepannya acara seperti Polinema Bersholawat atau Mentoring bisa diperbesar skalanya dengan mengundang habib atau ulama nasional bahkan internasional.

                Selain itu harapan bersama disini  adalah dengan adanya kegiatan semacam ini, mampu membantu membentuk karakter mahasiswa yang baik perilaku dan akhlaknya, dikarenakan dewasa ini mahasiswa-mahasiswa kebanyakan telah meninggalkan perilaku yang baik dan lebih memilih tawuran atau menggunakan narkoba. (rachmat wijaya)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s