Tim-tim Sepakbola Dengan Nilai Tertinggi di Dunia


Selama musim kompetisi  Liga Champions 2011, dimana kompetisi sepak bola tahunan terkaya di dunia ini berlangsung telah membagi-bagikan total pendapatannya sebesar $ 1.14 milyar atau setara dengan Rp.10 Triliun lebih ke 32 tim yang lolos ke penyisihan grup, 23% lebih besar dari tahun sebelumnya (dan tim yang bisa berlanjut ke fase berikutnya akan mendapatkan semakin besar keuntungan dari distribusi bonus yang di bagikan). Peningkatan 25% dalam pendapatan penyiaran UEFA telah membantu mendorong pendapatan tim-tim yang berlaga di liga Champion, yaitu sebesar $ 1.28 milyar.
Nilai rata-rata perusahaan (ekuitas ditambah hutang) dari 20 tim teratas naik 20% menjadi $ 770 Juta. Pendapatan (tidak termasuk transfer pemain) naik 23%, dengan rata-rata $ 319 Juta setiap tim pada musim 2010-11. Laba usaha (laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi) meningkat 13% menjadi rata-rata $ 45 juta.
Lima tim yang bernilai paling tidak $ 1 milyar itu adalah Manchester United, Real Madrid, Barcelona, Arsenal, Bayern Munich. Tim-tim ini adalah yang maju ke babak 16 di Liga Champions tahun lalu. Tidak hanya itu, tim-tim ini juga menuai pendapatan langsung dari prestasi mereka masuk ke peringkat atas liga domestik di negara masing-masing, Penghasilan mereka juga di dapat dari sponsor resmi klub tersebut yang memang kaya raya dan hasil penjualan merchandise dari beberapa merk terkenal.
Dan berikut ini adalah Tim-tim  dengan harga tertinggi menurut majalah Forbes yang di rilis tahun ini.
1. Manchester United
Manchester United, yang memenangkan Liga Utama Inggris pada 2011 dan dimiliki oleh miliuner Malcolm Glazer dan keluarganya. The Red Devils, yang telah menjadi tim sepak bola papan atas setiap tahun tersebut memiliki nilai $ 2,24 miliar 20% lebih besar dari tahun lalu.
Selama musim 2010-11 Manchester United menuai $ 192 Juta pendapatan dari penyiaran, 22% lebih tinggi dari musim sebelumnya.
2. Real Madrid
Los Blancos menerima pembayaran $ 59 juta untuk mencapai babak semi-final Liga Champions 2011 dan sekarang bernilai $ 1,88 miliar 29% lebih besar dari tahun lalu. Pendapatan komersial Real Madrid sebesar $ 250 juta, didukung oleh sponsorship dengan Adidas, Emerites Airlines dan Bwin. Meskipun kesepakatan sponsorship Real dengan pasar taruhan online Austria Bwin terancam, pendapatan tim tidak. Maju mencapai final dan menjadi juara dalam turnamen Liga Champions 2012 juga akan sangat menguntungkan bagi tim, Hal ini akan memudahkan mereka mencari sponsor baru jika kontrak dengan bwin terputus.
3. Barcelona
Barcelona, yang dipimpin oleh striker terhebat di dunia, Lionel Messi, pemenang Liga Champions tahun lalu dan telah berhasil mencapai empat final di beberapa turnamen tahun ini.  bernilai $ 1.31 milyar, meningkat 34% dari tahun lalu. Barcelona mendapatkan pembagian distribusi Liga Champions sebesar $ 77 juta dan pendapatan penyiaran sebesar  $ 266juta pada tahun 2011 adalah tim yang mengalami peningkatan paling tinggi dari tim mana pun.Pendapatan Barcelona dan nilainya akan meningkat lagi tahun ini setelah menandatangani kontrak kesepakatan sponsor dengan Yayasan Quatar, yang bernilai rata-rata $ 44 juta per tahun sampai musim 2015-16.
4. Bayern Munich
Meskipun Bayern Munich finish ketiga di Bundesliga dan terhenti di babak pertama Liga Champions tahun lalu, Namun tim ini masih yang pertama dalam pendapatan komersial dari tim-tim lain di Jerman, dengan nilai pendapatan sebesar $ 258 Juta. Bayern memperoleh pendapatannya sebesar $ 36 juta per tahun dari kesepakatan sponsor jangka panjang dengan Adidas dan telah memiliki pembicaraan dengan Gazprom, perusahaan energi Rusia. Bayern memiliki nilai $, 1,24 miliar 18% lebih dari tahun lalu. Setelah berhasil mencapai semifinal tahun ini di Liga Champions, tim ini siap untuk meningkatkan nilai lebih lanjut.

Tim-tim top akan terus menambah pundi-pundi pendapatannya seiring dengan kenaikan pembayaran tahun ini yang lebih tinggi dari tahun2011di Liga Champion.Selain itu, UEFA juga telah menetas rencana untuk menjual hak televisi untuk pertandingan internasional untuk tim top Eropa secara kolektif mulai pada tahun 2014. dimana penyiar harus menghubungi federasi sepak bola nasional individu mendapatkan hak siarnya secara mandiri. UEFA yakin dengan menjual hak penyiaran secara kolektif ini akan dapat meningkatkan pendapatan lebih dari 60%.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s