SMS Kunci Jawaban UN Resahkan Orangtua


Maraknya peredaran kunci jawaban Ujian nasional 2012 melalui pesan singkat ke sejumlah siswa membuat para orangtua khawatir. Keberadaan SMS tersebut ditakutkan akan mengganggu konsentrasi siswa ketika menjawab soal ujian.

Image

“Kemarin sepulang ujian hari pertama, anak saya cerita kalau banyak sms kunci jawaban beredar ke sejumlah anak-anak,” kata Wati (53) warga Jalan Menteng, Kelurahan Menteng, Kota Bogor, Selasa.

Wati menceritakan, anaknya bersekolah di salah satu SMK Negeri di Kota Bogor. Sehari sebelum ujian anaknya mendapatkan SMS yang dikirim dari teman-temannya di sekolah. “Khawatirnya lagi ada yang menyebar kunci jawaban lewat SMS tapi harus bayar kalau mau lulus,” kata dia.

Wati mengaku khawatir dengan kondisi tersebut, ia pun berpesan kepada anaknya untuk tidak memercayai kunci jawaban tersebut dengan percaya diri mengerjakan soal sesuai kemampuan sendiri.

Tidak hanya Wati, kekhawatiran serupa juga disampaikan oleh Asep (35) warga Loji Bogor. Ia melihat SMS menyerupai kunci jawaban dari ponsel anaknya.

“Anak saya kasih tahu isi SMS sama persis, kunci jawaban sesuai dengan jumlah paket yang diujiankan. Ini sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Fetty Qondarsyah mengimbau para orang tua untuk tidak khawatir. Menurutnya sms yang beredar yang diduga kunci jawaban tersebut tidak benar, dan siswa diimbau untuk tidak memercayainya.

Fetty menambahkan, penyebaran sms tersebut dilakukan oleh orang-orang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, pelaksanaan ujian nasional di hari ke dua berlangsung lancar. Hari ke dua ini mata pelajaran yang diujiankan yakni Bahasa Inggris.

sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s