Kabar Baik: Beasiswa dari Alumni


Bahasan mengenai beasiswa dengan berbagai polemiknya memang selalu menjadi favorit mayoritas mahasiswa. Setelah adanya kontroversi mengenai beasiswa BRI yang terlambat dalam proses pencairannya kemarin, kini Politeknik Negeri Malang membuka pendaftaran beasiswa kembali. Jenis beasiswa yang ditawarkan kurang lebih sama dengan yang lalu,  yaitu beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik), BBM (Bantuan Biaya Mahasiswa), dan Supersemar. Persyaratan yang diwajibkan juga tidak berbeda, untuk PPA yaitu IP minimal 3,00.  Sedangkan BBM dan Supersemar IPK minimal 2,75, namun diharuskan menyetorkan Surat Keterangan Tidak Mampu dari daerah tempat tinggal setempat.

Sasaran beasiswa PPA ini adalah mahasiswa yang berprestasi di akademik. Sesuai dengan persyaratan yakni memiliki IPK minimal 3.00, pemberian beasiswa ini diharapkan dapat membantu mahasiswa yang berprestasi dalam masalah ekonomi. Selain berprestasi, penghasilan orang tua serta keterlibatan mahasiswa dalam Unit Kegiatan Mahasiswa ataupun Himpunan Mahasiswa Jurusan juga menjadi pertimbangan dalam hasil seleksi.

Sedangkan untuk beasiswa BBM, yang menjadi sasarannya adalah mahasiswa yang tergolong tidak mampu dibuktikan dengan surat keteranganan dari RT/RW ataupun kelurahan dimana mahasiswa tersebut tinggal. Beasiswa BBM ini tidak mengharuskan mahasiswa yang mengikutinya memiliki IPK tinggi karena yang diutamakan adalah mahasiswa yang tidak mampu, namun bukan berarti perkembangan IPK tidak diperhatikan dalam seleksinya.

Dan yang terakhir adalah beasiswa Supersemar. Beasiswa Supersemar yang bertujuan untuk membantu melanjutkan pendidikan para sumber daya manusia potensial, yang berasal dari anak-anak keluarga kurang mampu karena alasan ekonomi, harus dilanjutkan dan diteruskan. Sehingga juga diperlukan dokumen berupa Surat Keterangan Tidak Mampu dari daerah setempat. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat III dan IV.

Namun batas waktu pendaftaran beasiswa-beasiswa tersebut sudah habis, tahap selanjutnya yaitu wawancara. Sedikit informasi bagi mahasiswa yang belum pernah mendaftar beasiswa atau mahasiswa tingkat satu, pertanyaan  yang akan diajukan oleh interviewer (biasanya DPA masing masing)  yaitu seputar IPK dan penghasilan orang tua. Selain pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada pula yang dipertanyakan yaitu uang saku sehari-hari, kehidupan dan keluarga dari mahasiswa tersebut, juga pengalaman organisasi. Pengalaman organisasi di UKM atau HMJ juga berpengaruh sebagai poin tambahan pada saat wawancara untuk mendapatkan beasiswa, lebih lagi jika menjadi Ketua Umum suatu UKM atau HMJ.

Bagi mahasiswa yang nantinya tidak lolos seleksi penerimaan beasiswa kali ini, tidak perlu khawatir. Karena selain beasiswa-beasiswa yang terpampang tersebut, ada pula beasiswa yang berasal dari alumni ataupun dari perusahaan – perusahaan yang mengadakan kerja sama dengan Politeknik Negeri Malang. Salah satunya adalah beasiswa dari ikatan alumni yang bekerja dari PT.Chevron. Tidak banyak memang yang mengetahui beasiswa ini, karena publikasinya tidak terlalu menyebar di penjuru kampus. Menurut bapak Akhmad Faidzin, DIPL.ING.HTL,MT,  sasaran sementara yaitu D3 Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin, sedangkan pengembangannya sendiri masih diusahakan. Dari setiap prodi yang telah disebutkan, akan diambil satu orang. Adapun nominal beasiswa ini pada tahun lalu yaitu Rp. 2.100.000,- .

Persyaratan yang diajukan secara garis besar tentu saja meliputi tingginya IPK dan penghasilan orang tua. Penerima beasiswa alumni tersebut mengutamakan mahasiswa-mahasiswa yang belum pernah menerima beasiswa, mahasiswa yang berprestasi, dan mahasiswa yang kurang mampu. Untuk saat ini, sasaran penerima beasiswa ini baru untuk tingkat 2 dan 3 saja. Pendaftaran beasiswa ini dimulai pada bulan Juli 2012, dengan publikasi yang ditempelkan di gedung JPC (Job Placement Center).

Sedangkan Pembantu Direktur III Politeknik Negeri Malang, bapak Drs. Halid Hasan, MStratHM, mewujudkan salah satu program kerjanya yang berkaitan dengan kesejahteraan mahasiswa. Pihaknya sedang dalam proses menjalin kerjasama dengan PT. UCC  mengenai beasiswa. Perusahaan yang bergerak di bidang pengkalengan tersebut memfokuskan penerima beasiswa ini yaitu dari Teknik Mesin. Selain menerima beasiswa, perusahaan ini juga mempertimbangkan untuk merekrut penerima tersebut setelah lulus nanti. Metode tersebut memudahkan perusahaan karena pelatihan untuk employee baru sudah didapat dari proses perkuliahan, sehingga tidak perlu lagi mengadakan training. Kerjasama lain yang dilakukan yaitu dengan CSR Pertamina. Penerima ini diperuntukkan untuk mahasiswa dari luar daerah khususnya Balinus (Bali dan Nusa Tenggara) yang menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Malang. Dengan pencapaian tersebut, tentu saja para mahasiswa berharap lebih banyaknya kesempatan untuk memperoleh beasiswa dan tidak ada lagi dana beasiswa yang tersendat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s