Kerja Sama Bisnis-Menyelamatkan Herritage Indonesia lewat Co-Branding


Pendiri Rumah Perubahan Rhenald Kasali berjabat tangan dengan Presdir PT Mahkotadewa Indonesia Ning Harmanto seusai menandatangani naskah kerja sama di Jakarta kemarin. 

BEKASI– Lembaga socialentrepreneurRumah Perubahan melakukan penandatanganan kerja sama lewat pola co-branding dengan PT Mahkotadewa Indonesia, perusahaan herbal pertama di Indonesia yang meraih sertifikasi Hazard Analysis Critical Control Point (Manajemen Keamanan Pangan Internasional), kemarin. 

Dalam kerja sama ini,Rumah Perubahan bertindak sebagai pihak yang mengamankan resources dan pemasaran. Sementara PT Mahkotadewa Indonesia merupakan pihak yang mengolah produk berstandarisasi. Pendiri Rumah Perubahan Rhenald Kasali menjelaskan, kerja sama ini bertujuan untuk menyebarluaskan produk-produk asli Indonesia.

“Selain berguna untuk menyelamatkan herritage kekayaan alam bangsa sendiri, kerja sama ini juga bertujuan untuk bisa mengangkat kekayaan obat-obat herbal di Indonesia seperti,teh celup daun sukun, teh celup daun sirsak, dan minyak kayu putih,” ujar Rhenald ditemui dalam acara Penandatanganan Kerja Sama & Co-Branding Rumah Perubahan dengan PT Mahkotadewa Indonesia di Rumah Perubahan,Pondok Melati, Bekasi,kemarin. 

Kerja sama ini berawal dari keprihatinan kedua pihak terhadap turunnya pamor obat herbal yang merupakan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Karena itu,Rumah Perubahan berupaya untuk mempromosikannya dengan pendekatan entrepreneurship. Rumah Perubahan membantu menyebarluaskan informasi produk kesehatan yang dihasilkan PT Mahkotadewa Indonesia. 

Dalam kerja sama ini,lanjut Rhenald, brand yang dipakai adalah Mahkotadewa dan Rumah Perubahan.Namun, pada produknya hanya ada satu logo yaitu Rumah Perubahan. Hal ini disepakati mengingat Rumah Perubahan selaku pemasar dan lembaga yang memiliki jaringan dengan para eksekutif dan tokoh-tokoh perubahan. Kerjasama ini sengaja menggunakan brand “Perubahan” karena dianggap cukup populer dan mudah diingat. 

“Semoga kerja sama ini bisa menciptakan perubahan bagi bangsa kita,” harap Rhenald. Sejumlah produk yang dihasilkan di antaranya Teh Pintar, yang memiliki khasiat menjaga kesehatan tubuh,meningkatkan kecerdasan dan detoksifikasi. Ada juga Anteera,yang sangat baik untuk membantu penyembuhan batuk, melegakan tenggorokan, juga untuk menghilangkan dahak bagi perokok.

Presiden Direktur PT Mahkotadewa Indonesia Ning Harmanto menuturkan, berbagai produk yang dihasilkan tersebut telah didesain dengan bantuan perancang produk. “Kami yakin pemasarannya akan go international, terlebih sudah ada branding-nya melalui Rumah Perubahan,”ujar Ning. 

Dia menegaskan, obat herbal yang dihasilkan dari Rumah Perubahan dan PT Mahkota dewa Indonesia tidak menggunakan bahan kimia beracun dan tidak mengandung logam berbahaya, jadi relatif aman dan berada di bawah standar keamanan pangan internasional. nafi’ muthohirin/cheerli    

 
sumber             
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s