PESANTREN QUR’AN SEMARAKKAN LIBURAN SEMESTER GANJIL POLINEMA


                Ketika melihat perguruan tinggi seperti Polinema, mungkin banyak masyarakat dari luar akan mengira instansi ini tidak tersentuh sama sekali dengan program-program besar yang bersifat religious. Tapi anggapan itu tidak benar, karena sangat beragam sekali program-program baik dari kampus, dari UKM, atau bahkan dari Ketakmiran Masjid An-Nur Polinema yang bersifat religius.

Salah satu contoh nyata yaitu kegiatan yang diadakan pada liburan semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 kemarin, yaitu pada tanggal 26 Februari – 2 Maret 2012, Takmir Majid Annur Polinema yang bekerja sama dengan UKM RISPOL (Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam Polinema) dan juga Ummi Foundation mengadakan acara Pesantren Qur’an.  Acara ini memuat banyak agenda seperti pelatihan membaca al-qur’an, pelatihan terjemah al-qur’an, pelatihan khotib dan da’I, serta kajian fiqih wanita.

Banyak peserta berminat untuk mengikuti acara ini, terbukti dari jumlah yang mencapai 50 orang. Baik dari mahasiswa, dosen bahkan karyawan juga turut menghadiri. Acara yang dibuka oleh Pembantu Direktur III Bagian Kemahasiswaa  Bapak Halid Hasan, M.Strat ini bertujuan untuk membantu para masyarakat Polinema agar senantiasa dekat dengan Al-Qur’an dan bisa memahami isinya.

Agenda pelatihan membaca Al-Qur’an pada hari pertama yang dimbing dari UMMI Foundation (yaitu suatu lembaga yang bergerak dalam pendidikan al-qur’an) adalah agenda yang paling banyak peminatnya. Terbukti dari antusias para peserta yang menirukan pemateri ketika membaca Al-Qur’an dengan.s

Di pelatihan membaca ini, para peserta di terangkan melalui slide presentasi mulai dari pentingnya membaca Al-Qur’an dan metode membacanya yang terdiri dari 4 macam, antara lain : membaca dengan menekankan pada makhorijul huruf, membaca dengan tartil tipe dasar, membaca dengan cepat tapi tetap menekankan pada makhorijul hurufnya, dan membaca tartil dengan cepat yang menekankan pada  makhorijul huruf.

Adapun dalam pelatihan terjemah Al-Qur’an, penekanan utamanya adalah metode 1 hari 1 halaman dengan mengulang-ulang bacaan Al-Qur’an beserta artinya, sehingga peserta akan segera mengingat kosa kata dalam Al-Qur’an.

Dalam dua agenda lainnya, yaitu pelatihan khotib dan da’i memiliki tujuan utama untuk menyiapkan para dosen agar minimal sanggup menjadi khotib jum’at atau da’i di masyarakat sekitarnya. Sedangkan kajian fiqih wanita sendiri membahas berkaitan dunia wanita yang dewasa ini begitu banyak ajaran syari’at islam yang dilanggar. Seperti kewajiban memakai jilbab, atau keutamaan wanita sholihah.

Di penutupan acara yang diketua pelaksanai oleh Deni Eka Sobirin mahasiswa D3 Teknik Kimia semester 4 ini, Bapak Kholiq selaku perwakilan dari Ketakmiran Masjid An-Nur Polinema berpesan agar kegiatan ini tidak berhenti disini saja. Tapi agar terus selalu mengkaji Al-Qur’an dan berusaha mengamalkan ajarannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s