DIKLATSAR DAN SUSKALAK MENWA


  Tanggal 5 – 27 Februari 2012 pada liburan semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 di Polinema menjadi liburan yang berbeda bagi para prajurit dari Menwa (Resimen Mahasiswa) Polinema. Karena mereka diharuskan untuk mengikuti kegiatan khusus untuk para kader yang diadakan serentak se Jawa Timur.

  Pendidikan dan latihan dasar menwa merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap anggota calon resimen mahasiswa mahasurya yang merupakan langkah awal dalam pengembanan tugasnya saat mengabdi kepada Negara dan masyarakat. Tujuan Diklatsar Menwa adalah untuk membentuk pribadi yang memiliki sikap, disiplin, mental, kemampuan fisik, pengetahuan dan ketrampilan dasar sebagai yang dipersyaratkan agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi Menwa sesuai dengan Panca Dharma Satya Menwa.
Tujuan Pendidikan Suskalak adalah untuk membentuk kader pelaksana Menwa, yang memiliki sikap, disiplin, mental, pengetahuan dan ketrampilan managemen serta kemampuan fisik, sebagaimana yang dipersyaratkan dan memiliki kemampuan melaksanakan fungsi LinMas (Pelindung masyarakat).

  Didalam pendidikan Diklatsar Menwa, akan diberikan materi latihan wawasan kebangsaan, kesehatan lapangan, orgas Menwa, Linmas, pertahanan negara, otonomi daerah, pemerintah daerah, sisdiknas, dasar operasi gunung, bela diri militer, out bond, lempar pisau kapak dll. Sedangkan materi Suskalak hampir sama dengan materi Diklatsar, hanya saja ada tambahan materi kepemimpinan lapangan, penjabaran rencana kerja dan prosedur pimpinan pasukan.

Komandan Menwa Polinema yaitu Almas Andwika Adirajaa dari Jurusan Teknik Mesin menjelaskan, “Anggota Menwa pada hakekatnya sama seperti Mahasiswa lainnya, namun mereka mempunyai kelebihan tertentu dalam sikap, disiplin dan komitmennya terhadap tegaknya Pancasila dan keutuhan NKRI. Oleh karena itu kegiatan latihan sangat penting dan perlu dikembangkan, dan dilaksanakan dalam berbagai macam latihan yang lain pula seperti Suskapin (Kursus Kader Kepemimpinan), Suskabintal (Kursus Kader Pembinaan Mental), Suspelat (Kursus Pelatih), dsb”.

Lebih jauh lagi, laki-laki kelahiran Bandar Lampung ini menyampaikan,”Disamping akan menambah pengetahuan, skill, dan pengalaman kegiatan yang akan kita laksanakan ini bertujuan untuk membentuk fisik, sikap dan mental setiap calon Menwa, serta memberi keterampilan dasar olah keprajuritan untuk mendukung tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. Harapan dari kegiatan ini yaitu agar para Menwa nantinya memiliki rasa kebanggaan yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya, mempunyai jiwa pantang menyerah dan rela berkorban”.

  Selain itu, menurut orang nomor satu di jajaran Kodam V/Brawijaya yaitu Kolonel Inf Wisnoe Prasetija Boedi, sejak terjadinya reformasi beberapa tahun lalu sampai dengan sekarang ini, mayoritas generasi muda pada umumnya lebih mudah diarahkan/diajak untuk kegiatan-kegiatan yang bernuansa politik. Mereka mudah dipengaruhi dan dibelokkan pandangannya hanya untuk membela kepentingan perorangan maupun kelompok tertentu bahkan ada sebagian yang cenderung melakukan tindakan destruktif dan anarkhis. Sehingga dapat dipastikan kegiatan Diklatsar dan Suskalak Menwa ini merupakan salah satu wadah penyaluran potensi Mahasiswa dalam rangka bela negara, melalui kegiatan pengenalan dasar-dasar keprajuritan.

 

Harapan kedepan bagi mahasiswa baik yang sedang melaksanakan pendidikan di Polinema maupun yang akan menjadi mahasiswa, mampu menjadi penerus bangsa yang bisa diandalkan oleh masyarakat sekitar. Baik dalam sikap maupun perbuatan. Bravo Polinema !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s