MANDAT BARU LEMBAGA PERS MAHASISWA KOMUNIKASI PENDIDIKAN (LPM KOMPEN) POLINEMA MENJADI REDAKSI BULETIN NASIONAL “WARTA POLITEKNIK” ALIANSI PERS MAHASISWA POLITEKNIK INDONESIA (APMPI)


Dewasa ini, perkembangan dunia informasi yang kian memudahkan pengguna juga telah turut memberikan dampak yang cukup besar terhadap dunia jurnalistik. Baik jurnalistik secara umum maupun jurnalistik mahasiswa secara nasional. Dampak ini berupa kemudahan untuk menyampaikan suatu informasi terhadap society disekitarnya dengan tujuan edukasi atau menambah wawasan.

Begitu pula yang terjadi terhadap dunia jurnalistik mahasiswa politeknik. Secara nasional memang telah ada suatu badan jurnalistik mahasiswa politeknik se Indonesia dibawah badan FKMPI (Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Indonesia) yang memiliki fungsi untuk membantu membentuk lembaga pers mahasiswa suatu instansi yang berbasis politeknik, mengakselerasi kualitas lembaga pers mahasiswa politeknik, serta menjaga lembaga pers tersebut tetap ada,  yang kemudian dinamakan APMPI (Aliansi Pers Mahasiswa Politeknik Indonesia). Intinya, badan ini bertujuan untuk membuat LPM Politeknik Indonesia bisa eksis dan memberikan kiprahnya sesuai dengan garis-garis haluan kerja jurnalistik.

Dan bertepatan pada Musyawarah Kerja Nasional yang ke VII pada bulan November 2011 lalu, UKM LPM KOMPEN menerima jabatan cukup penting di dalam badan APMPI, yaitu sebagai Redaksi Buletin Nasional. Posisi ini memberikan manfaat yang sangat banyak, diantaranya selain menambah jaringan kerja dalam bidang jurnalistik, bisa juga sebagai ajang edukasi manajemen berita untuk wilayah seluruh Indonesia.

Rachmat WIjaya (Pimpinan Redaksi) dengan Warta Politeknik edisi pertama.

Pada bulan januari 2012 pun, terbitlah edisi pertama Buletin Nasional “WARTA POLITEKNIK” yang di gawangi oleh Rachmat Wijaya (selaku Pimpinan Redaksi) beserta beberapa anggota dari LPM Kompen dibantu juga dari LPM Fomatik (Forum Mahasiswa Jurnalistik Poltekkes Kemenkes Malang). Bulletin ini berisikan informasi mahasiswa politeknik di Indonesia seperti Polines (Politeknik Negeri Semarang), Polsri (Politeknik Negeri Sriwijaya), Polinep (Politeknik Negeri Pontianak), Poltekkes Kemenkes Makassar, dan Politeknik Negeri Kupang. Rencana penerbitan bulletin ini adalah tiap 2 bulan sekali.

Bulletin ini disusun di kesekretariatan LPM Kompen yang berada di Gedung AS.02 Kampus 2 Politeknik Negeri Malang. Setelah sampai pada proses cetak, pendistribusian langsung dilaksanakan ke seluruh Politeknik baik negeri maupun swasta yang ada di Indonesia seperti di Kota Jakarta, Palembang, Pontianak, Makassar bahkan Kupang.

Keberadaan bulletin yang dikhususkan untuk mahasiswa politeknik se Indonesia juga dirasakan perlunya sebagai media pemersatu, sebagaimana yang dijelaskan oleh Rachmat, “Buletin Nasional ini merupakan ajang untuk mengintegritaskan Lembaga Pers Mahasiswa Politeknik di Indonesia, sehingga kedepannya bisa turut serta dalam menjaga kesatuan wilayah Republik Indonesia sesuai dengan jalur jurnalistik kita.”

Diakui atau tidak, Negara Indonesia sekarang memang sedang dilanda krisis persatuan ataupun gotong royong. Banyak sekali perpecahan terjadi di daerah-daerah Indonesia, seperti munculnya kaum separatis yang ingin memisahkan diri dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Hal ini tentu juga bisa kita perbaiki bersama melalui fungsi jurnalistik selain sebagai media edukasi, juga sebagai media pemersatu bangsa.  (rc.squad)

Advertisements

8 responses to “MANDAT BARU LEMBAGA PERS MAHASISWA KOMUNIKASI PENDIDIKAN (LPM KOMPEN) POLINEMA MENJADI REDAKSI BULETIN NASIONAL “WARTA POLITEKNIK” ALIANSI PERS MAHASISWA POLITEKNIK INDONESIA (APMPI)

  1. Siip,, tolong ajari adik-adiknya juga mat, supaya dapat kepercayaan lagi dan bertanggung jawab juga di organisasi yang lebih luas.. SEMANGAATT..!

    Kompen –> Kritis Dinamis.. 🙂

  2. kalau bisa warta politeknik di kirimkan juga dunk ke UKM JURNALISTIK POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA (POLNES)

    SOALNYA UKM INI BARU DI BENTUK, JADI BUTUH INFO BARU DARI KAWAN2 PERS SEPOLITEKNIK DI INDONESIA

    TRIMS
    SALAM

    UKM JURNALISTIK POLNES

  3. add juga http://www.facebook.com/profile.php?id=1830170711 ya. disana ada album untuk buletin edisi #1 .. trims

  4. oh okeyy,, thankz yaa
    salam jurnalistik

  5. salam pers mahasiswa ! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s