Kompen on The Road “Kunjungan ke Jawa Pos Media”


UKM LPM Kompen merupakan unit kegiatan mahasiswa Politeknik Negeri Malang di bidang jurnalistik. Kompen kepanjangan dari Komunikasi Pendidikan ini merupakan salah satu dari tiga organisasi mahasiswa Politeknik Negeri Malang yang memiliki surat keputusan dari menteri, setelah BEM dan Resimen Mahasiswa.

Pada hari Rabu pagi tepatnya tanggal 7 Desember 2011, UKM LPM Kompen mengadakan kegiatan Studi Ekskursi ke Jawa Pos Media di Surabaya.

Kegiatan ini dimotori oleh ketua pelaksana dan didampingi oleh Bpk. Drs. Bambang Suryanto, M.Pd. dan Bpk. Drs. Subekhi Adi Purnomo.  Adalah Herdianna Kusuma selaku Ketua Divisi Pelatihan dan Pengembangan yang menjadi promotor dan ketua pelaksana acara Studi Ekskursi ini.

Studi Ekskursi yang bertemakan “Mengembangkan Hardskill dan Softskill seluruh Anggota UKM LPM Kompen di Bidang Pers dan Jurnalistik.” ini merupakan Studi Ekskursi yang pertama dalam kurun waktu 6 tahun terakhir. Pelatihan dan Pengembangan yang dilakukan sebelumnya adalah melakukan Upgrading secara interen di dalam UKM LPM Kompen itu sendiri. Ada beberapa metode Pelatihan dan Pengembangan yang dilakukan UKM LPM Kompen sebelumnya disamping Upgrading, diantaranya mendatangkan beberapa pembicara dari wartawan – wartawan media. Beberapa wartawan tersebut terdiri dari beberapa media, diantaranya Bola.net, RCTI, dan BBS TV Surabaya. Akan tetapi pada kesempatan yang baik ini, UKM LPM Kompen membuat gebrakan pelatihan dan pengembangan yang berbeda dengan sebelumnya.

Dengan inisiatif dan semangat bekerja sama antara fungsionaris UKM LPM Kompen, maka acara Studi Ekskursi ini berajalan seperti apa yang direncanakan. Walaupun ada beberapa kendala yang menjadi hambatan, tetapi semua kendala tersebut telah dapat diatasi.

Hal ini diungkapkan juga oleh ketua pelaksana kegiatan Studi Ekskursi ketika ditanyakan tentang inisiatif dan kendala yang dihadapi.

“Seneng banget akhirnya acara Kompen yang udah direncanakan ini berjalan dengan lancar, walaupun seblumnya ada beberapa kenadala yang udah berhasil diatasi sih. Awalnya sempet gak percaya juga untuk pemilihan hari kegiatannya yang kebanyakan perusahan lakuin di akhir tahun, yaitu tutup buku. Ini juga gak lepas dari support dan kerjasama temen-temen semua. Stelah melobi, alhamdulillah bisa gitu. Harapannya bisa terlaksana lagi di hari-hari berikutnya.” Ungkap Herdianna Kusuma yang akrab disapa dengan panggilan Anna.

Kegiatan Studi Ekskursi ini diantaranya kunjungan ke Jawa Pos Media dan Jawa Pos Media Televisi.

Pada kunjungan ke Jawa Pos Media yang bergerak di media cetak pada umumnya, UKM LPM Kompen dijamu dengan gaya Jawa Pos Media yang santai dan terlihat kreatif. Sifat dari acara ini lebih kepada sharing antara UKM LPM Kompen dengan pihak Jawa Pos Media.

Pada kesempatan tersebut yang menjadi pembicara adalah Pak Zahrul, beliau merupakan wartawan senior yang telah lama bekerja untuk Jawa Pos. Beliau memberikan gagasan tentang uniknya menjadi wartawan . Wartawan menurut Pak Zahrul adalah seseorang yang memiliki keunikan tersendiri, dimana sebelum meliput suatu berita wajib bagi wartawan untuk belajar dari apa yang akan dicarinya. Maksudnya jika yang akan kita liput berhubungan dengan politik, maka terlebih dahulu kita harus belajar politik itu.

Selain itu beliau juga menyampaikan tentang adanya penyetaraan antara wartawan dengan dokter. Tepatnya pada tahun 2012 wartawan akan diberikan sertifikat dengan asumsi lolos beberapa tahap selseksi. Oleh karena itu, wartawan diwajibkan studi minimal strata satu dan kedepannya wartawan akan lebih disejahterakan dan disamakan pangkatnya dengan dokter.

Setalah sharing dengan Pak Zahrul, rombongan UKM LPM Kompen diajak berkeliling kantor Jawa Pos dan diperlihatkan beberapa arsip lama mereka yang masih diabadikan dan tertata rapih. Nampak bahwa fondasi perusahaan ini sangat lah kuat mengingat Jawa Pos merupakan media cetak nomor 1 di Indonesia.

Kunjungan selanjutnya ke Jawa Pos Media Televisi atau lebih dikenal dengan JTV. Di sini UKM LPM Kompen diberikan pengarahan secara teknis tentang kegiatan broadcasting itu sendiri. Selain itu rombongan UKM LPM Kompen dijadikan tamu spesial pada acara J-Trax yang ditayangkan secara live. Hal tersebut merupakan apresiasi yang sangat wah sekali untuk UKM LPM Kompen.

Dari dua kunjungan tersebut tidak lupa buah cinderamata yang diberikan  oleh pihak UKM LPM Kompen dan Politeknik Negeri Malang kepada pihak Jawa Pos Media cetak dan televisi. Dengan demikian lengkap sudah kelancaran Studi Ekskursi UKM LPM Kompen kali ini.

Advertisements

One response to “Kompen on The Road “Kunjungan ke Jawa Pos Media”

  1. Sekolah Jurnalistik RDI

    Setelah berkunjung Di Jawa post , apa salahnya ikut diklat Sekolah jurnalistik Bersama Jawa Pos di RDI surabaya . bila berminata bisa hubungi : 083857087207 (Dimas_UNS) dan menjadi angkatan Jurnalis di RDI . SEGERA daftarkan Kampus anda . !

    Salam persma . . . !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s