Kegiatan Donor Darah Politeknik Negeri Malang


cek tekanan darah

Darah adalah sesuatu yang mengalir dalam tubuh kita, tanpa kita sadari mereka mengalir secara terus menerus dalam tubuh manusia. Darah merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari setiap saluran dan organ tubuh. Tanpanya segala aktivitas tidak mungkin dapat berjalan. Hal ini mengapa darah sangat penting dan dibutuhkan dalam siklus kehidupan.

Salah satu kegiatan yang membawa peran penting bagi kehidupan dan nyawa seseorang adalah kegiatan donor darah. Donor darah dilakukan untuk memberikan suatu harapan kehidupan serta memberikan kesehatan bagi si pendonornya.

Seperti kegiatan donor darah yang diadakan di Poliklinik Politeknik Negeri Malang pada tanggal 27-28 Juni 2011 ini telah mengajak mahasiswa Politeknik Negeri Malang untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesamanya juga terhadap kesehatannya.

Kegiatan donor darah di Politeknik Negeri Malang ini dapat berjalan dengan lancar berkat dukungan dari panitia UKM Bhakti Karya Mahasiswa dan Palang Merah Indonesia. Sehingga kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dapat mencapai 35 pendonor pada hari pertama dan 42 pendonor pada hari kedua dan mengasilkan sekitar 70 liter selama 2 hari tersebut.

Meskipun begitu, banyak kedala yang dialami oleh panitia donor darah sendiri baik secara ekstern maupun intern dalam prosesnya, diantaranya adalah sulitnya berkoordinasi antar panitia selama proses berlangsung, kurangnya fasilitas seperti kursi dan tempat tidur pendonor, dan lain sebagainya. Namun hal ini bisa segera teratasi. Buktinya, para pendonor bisa mengikuti kegiatan donor darah tersebut secara lancar tanpa ada gangguan yang berarti.

Pendonor juga mengikuti aturan sebagai pendonor yang baik, antara lain: pendonor harus mengisi daftar hadir dan formulir perjanjian terlebih dahulu, disitu terdapat berbagai persyaratan yang wajib dipenuhi bagi para pendonor diantaranya: pendonor harus bebas dari penyakit-penyakit yang berbahaya seperti: HIV, AIDS, Hepatitis, dan Sipilis. Sebelum mendonorkan darahnya diharuskan bagi pendonor untuk makan terlebih dahulu, agar saat darahnya diambil mereka tidak terlalu lesu dan lunglai, melakukan tensi darah untuk mengukur cukup tidaknya hB yang dimiliki, serta tes darah untuk mengetahui tipe darah masing-masing. Setelah persyaratan tersebut tepenuhi barulah pendonor dapat menyumbangkan darahnya dengan bebraring diatas tempat tidur, dan bersedia setetes demi setetes darahnya diambil melalui selang, sampai mencapai yang dibutuhkan yaitu sekitar 1 liter darah.

Setelah proses tersebut selesai pendonor akan mearasakan manfaatnya, meskipun tubuh terasa lemas sesaat, namun hal ini dapat segera teratasi dengan pemberian fassilitas asupan gizi dari tim Palang Merah Indonesia yang terdiri atas: kue, susu, dan obat yang dibutuhkan untuk memulihkan kondisi tubuh.

Demikian secuplik tentang kegiatan donor darah yang ada di politeknik negeri malang semoga hal ini dapat menjadikan kita lebih sadar dan peduli terhadap sesama karena “ Give Blood Give Hope” dengan memberikan setetes saja darah yang ada dalam tubuh kita, ini akan sangat bermakna dan memberikan harapan untuk kehidupan sahabat dan keluarga kita nantinya.

proses donor darah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s