Budaya Corat-Coret Seragam dan Konvoi Saat Kelulusan


Kegiatan corat-coret yang sudah ada sejak dulu ternyata sekarang memang sudah membudaya.Buktinya,kelulusan kemarin sempat diwarnai konvoi ,arak-arakan yang dilakukan siswa-siswi SMA,SMK negeri maupun swasta di kota Malang tercinta ini.betapa tidak,konvoi ratusan motor itu menyerbu  jalan raya yang tak jarang membuat kemacetan dimana-mana.

Menurut pernyataan dari salah satu siswa SMA negeri di Malang, dia mengaku mengikutinya,baginya iitu adalah cara untuk melampiaskan kesenangan karena telah lulus, dan rasa “kepuasan dan senang karena jiwa muda “tuturnya.

Acara corat-coret ini biasanya sudah di rencanakan sebelum tanggal diumumkan kelulusan katanya,belum lulus semuakan,tapi tak taulah pokoknya harus di selenggarakan pokoknya.

Ia bertutur lagi ketika ku Tanya kemana ia pergi konvoi,ia menjawab bahwa dia dulu berkonvoi dari Malang ke Batu biasanya sich anak ke alun alun batu”katanya.

Ironisnya kegiatan yang terkesan urakan dan mengganggu kepentingan umum,  ini tidak pernah bisa di cegah baik dari pihak kepolisian maupun pihak pendidik itu sendiri.”Saya tidak pernah dicegah oleh guruku,orang tuaku,boleh berpesta ria pokoknya tertib”.katanya.Dimana tertibnya ya kalau seperti itu.

                 Para siswa ini biasanya berkonvoi ria dengan teman satu kelasnya.dan tak jarang gabungan dari beberapa sekolah sehingga tak jarang ini memacetkan jalanan.

by: M. Chairul Anwar

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s