Kereta api, moda tranportasi umum di Indonesia


This slideshow requires JavaScript.

Kereta api. Itulah nama moda tranportasi umum di Indonesia yang terdiri dari lokomotif dan beberapa rangkaian gerbong. Kereta api lebih dikenal dengan transportasi wong cilik, karena harga tiketnya yang murah sekali. Omong – omong tentang kereta api, tahukah anda siapa yang buat kereta api di indonesia? Mari kita tengok di balik layar siapa yang buat kereta api di Indonesia.

Sebelum kita mengetahui siapa yang buat kerta api di Indonesia. Kita jalan – jalan ke kota kecil di jawa timur yang bernama madiun. Madiun sangat terkenal dengan brem atau pecelnya. Tapi kta tidak mencari makanan khas madiun, tapi kita akan menuju ke stasiun madiun. Buat apa? Buat berkunjung ke sebuah pabrik kereta api.

PT Industri Kereta Api (PT INKA). Itulah nama perusahaan atau pabrik pembuat si roda besi (baca : kereta api). PT INKA dulunya adalah bekas dari balai yasa yang sudah tak terpakai lagi seiring tidak di operasikannya kereta api uap oleh PJKA ( sekarang PT Kereta Api Indonesia  ).

PT INKA telah banyak mengalami pasang surut dalam pengabdiannya untuk negeri ini di bidang industri kereta api. PT INKA hidup dari pesanan perusahaan – perusahaan atau negara – negara tetangga, khususnya PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di bidang industri kereta api. Semenjak di produksinya kereta api hasil pengembangan atau rekoseri reka-ulang oleh PT INKA, banyak pesanan – pesanan yang membanjiri industri kereta api ini untuk di buatkan pesanannya, terutama dari dalam negeri. Negara yang pernah memesan kereta api buatan anak negeri ini, anatara lain Bangladesh, Malaysia, Thailand, Australia, Philipina, dan masih banyak negara lainnya.

PT INKA yang berdiri sejak 19 Agustus 1981, di atas lahan seluas 22,5 hektar ini telah banyak menghasilkan jenis – jenis kereta api. Poduk PT INKA dari pertama kali berdiri sampai sekarang antara lain :

1982 – Pertama produksi gerbong barang

1985 – Pertama produksi kereta penumpang

1987 – Pertama perakitan railcar listrik & diversifikasi produk

1991 – Pertama gerobak angkutan ekspor ke Malaysia (KTMB)

1994 – Pertama produksi railcar listrik VVVF

1995 – Pertama peluncuran kereta api Argo Bromo

1996 – Pertama produksi lokomotif (GE Lokindo) & ekspor ke Filipina

1997 – Peluncuran Pertama kereta Argo Bromo Anggrek (leasing Skema)

1998 – Pertama ekspor Ballast Hopper Wagon ke Thailand

2001 – Pertama peluncuran Listrik Railcar Indonesia (INKA desain)

2002 – Ekspor Pembangkit Listrik Wagon Mobil dan Bogie Reefer Flat ke Malaysia

2004 – Ekspor Container Wagon tubuh & Blizzard Center kusen ke Australia

2006 – Ekspor 50 unit BG Kendaraan untuk Bangladesh

2007 – Kontrak ditandatangani 1 trainset DEMU untuk Aceh dan Railbus untuk Palembang

2008 – Peluncuran Pertama di Indonesia, Bus Rail KRDI (untuk Aceh & Jawa)

2010 – Peluncuran produksi kereta ekonomi AC Bogowonto dan 5 lokomotif cc204

2011 – Produksi Railbus untuk Solo

Selain yang di sebutkan di atas, PT INKA juga memproduksi mobil nasional bernama Gulirkan Energi Alternatif (GEA) yang mesinnya hasil pengembangan dari BPPT (Balai Pengembangan Penelitian Teknologi). Selain produk yang telah di produksi, PT INKA juga selalu mengembangkan produk – produk baru dan inovasi – inovasi baru untuk negeri. Seperti teknologi railcars jenis diesel electrical railcars atau diesel hydraulic railcars.

Di balik kesuksesan PT INKA adalah berkat dari ribuan pegawainya yang terdiri dari putra – putri Indonesia yang terampil. Bahkan PT INKA berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001 versi 2000, dari ABS Quality Service. Gunakan produk – produk Indonesia. (arif)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s