Open Source?


Pada umumnya “open source” berarti kode sumber terbuka dan tersedia untuk ditinjau. Namun, hanya karena kita dapat melihat sumber kode bukan berarti tidak memiliki izin untuk melakukan sesuatu yang lain dengan itu. Inisiatif Open Source telah menciptakan definisi formal yang memaparkan persyaratan untuk lisensi perangkat lunak yang benar-benar open source. Singkatnya, untuk dipertimbangkan open source, sebuah software harus disebarkan kembali dengan bebas, harus menyediakan akses ke sumber kode, harus memungkinkan pengguna akhir untuk memodifikasi akan source code, dan tidak wajib untuk membatasi penggunaan perangkat lunak. Untuk detail lebih lanjut, lihat definisi penuh pada situs Inisiatif Open Source.

Note
Free for Some
Perhatikan bahwa di selain definisi Inisiatif Open Source lisensi yang membatasi penggunaan perangkat lunak untuk tugas-tugas tertentu atau yang membatasi distribusi antara kelompok-kelompok tertentu tidak dapat menjadi sebuah lisensi open source. Ini termasuk “Penegakan Hukum Only ” atau “Non Komersial Gunakan” pembatasan biasanya ditempatkan pada alat freeware dalam komunitas forensik digital.

“Free” vs “Open”
Karena berlebihan kata “bebas” dalam bahasa Inggris, kebingungan tentang apa yang “bebas” perangkat lunak ini dapat muncul. Software tersedia secara gratis (gratis) belum tentu bebas dari pembatasan (gratis). Dalam komunitas open source, “perangkat lunak bebas” umumnya berarti perangkat lunak yang dianggap “open source”dan tanpa harus ada pembatasan, selain biasanya yang tersedia tanpa biaya. Hal ini berbeda untuk berbagai “freeware” aplikasi umumnya ditemukan pada sistem Windows tersedia hanya dalam biner, format executable tapi tanpa biaya.

by: Muhammad Mushonnif
sumber : Digital Forensic with Open Source Tool

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s