Forum Pertukaran Budaya (Intercultural Exchange Forum) Part II


Masih ingat posting tentang forum ini beberapa waktu lalu? Sebuah project dari salah satu dosen English subject di jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Malang, yang bekerja sama dengan dosen English subject juga di Yuan Ze University, Taiwan. Kemudian merintis forum pertukaran budaya yang membangun komunikasi baik antara mahasiswa dua Negara tersebut , in this case are Taiwan and Indonesia. Awalnya saya kira program ini selesai sampai disini, ternyata masih ada lagi topik-topik yang perlu kita share dengan mahasiswa Taiwan. Tapi kali ini dengan partner yang baru dan berbeda.

Topik yang dibahas kali ini mencakup tentang English learning experiences and difficulties, talk about idols or role models, and about religion. Untuk saat ini yang sudah diselesaikan pada topik pertama, yakni pengalaman tentang mempelajari bahasa Inggris dan kesulitan apa saja yang ditemui. Komunikasi ini bisa juga dijalin melalui jejaring sosial apapun, tetapi mayoritas menggunakan email. Beberapa kendala tentu saja dihadapi selama proses komunikasi, diantaranya ada beberapa mahasiswa Taiwan yang tidak kunjung membalas atau email yang bermasalah. Segala cara telah dilakukan agar mendapatkan informasi yang cukup untuk keperluan posting di website intercultural exchange. Mulai dari mengirim email berkali-kali, menghubungi facebook, tapi ada beberapa yang tidak membuahkan hasil. Sehingga ada beberapa mahasiswa yang terpaksa membuat English learning experiences and difficulties mereka sendiri, untuk diposting dan dipresentasikan di depan kelas seperti biasanya.

Aktivitas mahasiswa Polinema dalam website tersebut juga dinilai lebih aktif daripada mahasiswa Yuan Ze University. Terbukti dengan antusiasme mahasiswa Polinema memberikan komentar mereka pada report mahasiswa Yuan Ze. Beberapa dari mereka juga sudah mulai menikmati komunikasi ini, salah satunya ada yang sudah mulai akrab dengan bercerita tentang hewan peliharaan masing-masing. Hal ini menunjukkan bahwa forum ini benar-benar berfungsi dalam menjalin komunikasi antar negara. Program ini juga menunjukkan peningkatan dari sesi yang pertama. Selain mahasiswa lebih aktif, report yang disampaikan juga lebih natural dan tidak terpaku pada hafalan.

Para mahasiswa juga mengaku forum ini menarik dan tidak membosankan. Sehingga mata kuliah bahasa Inggris tidak terpaku pada buku diktat atau modul saja, tapi ada banyak cara untuk mempelajari bahasa Inggris. Salah satu bukti dengan dibukanya forum ini, sehingga mahasiswa memperoleh banyak manfaat. Selain metode belajar yang baru, forum ini juga dapat menjalin hubungan pertemanan yang baik antara mahasiswa Politeknik Negeri Malang dengan mahasiswa luar negri. Untuk mengetahui lebih detailnya, visit intercultural.team-talk.net.

by: Masyita Nur Shabrina

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s