MARKETING FAIR di Polinema


-Marketing Fair-

Kegiatan itulah yang baru-baru ini telah selesai diadakan oleh mahasiswa jurusan Administrasi Niaga. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari yaitu pada tanggal 4,5 dan 6 Januari 2011 lalu menyuguhkan acara yang cukup menarik dan sangat bermanfaat bagi semua kalangan mulai dari dosen sampai mahasiswa. Acara yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang berlangsung mulai pukul 08.00 dan berakhir sekitar pukul 15.30 dengan konsep everything is marketing. Memberikan nuansa baru yang berbeda, marketing fair menyuguhkan acara-acara seru dan menarik bagi masyarakat sekitar. Kenapa masyarakat sekitar??? Hal ini dikarenakan selain untuk mahasiswa Polinema sendiri acara tersebut cukup menyita perhatian dari mahasiswa universitas lain seperti Universitas Brawijaya.

Acara Marketing Fair tersebut menurut narasumber yang bersangkutan memiliki tujuan untuk melatih mahasiswa Administrsi Niaga Politeknik Negeri Malang khususnya konsentrasi jurusan Marketing. Jadi mahasiswa tersebut dihadapkan pada praktek kerja seolah-olah mereka adalah seorang marketer. Berdasarkan pada tujuan itulah konsep yang dihadirkan adalah everything is marketing. Salah satu acaranya adalah memasarkan produk suatu perusahaan dimana mahasiswa-mahasiswa tersebut membantu menjualkan produk kepada khalayak ramai. Produk-produk yang ditawarkan meliputi berbagai hal seperti produk pakaian,tas, accesories serta makanan dengan standar harga yang telah ditentukan. Dapat diambil contoh pada salah satu stan dari official arema yang menjual berbagai pernak-pernik tentang arema seperti kaos, baju, pin, mug, dll. Nah kemudian produk yang ternyata laku dibeli oleh konsumen nantinya akan diberlakukan prosedur bagi hasil dengan perusahaan yang bersangkutan. Dengan menggunakan sistem bagi hasil ini keuntungan yang didapat bisa dibilang cukup lumayan dan hampir setiap stan menggunakan prosedur yang sama.

Eitsssss….jangan salah paham dulu…Karena tidak hanya sekedar pemasaran produk-produk saja yang disuguhkan melainkan juga acara festival band yang diperuntukkan untuk umum, dance dan mading untuk SMA, Talk Show pembicara “CAK MUST” (KOMUNITAS PENCINTA MARKETING) dan acara-acara lainnya. Acara festival band dan dance acara digelar di halaman depan Gedung AB sedangkan mading digelar di Graha Teater atau sering disebut gladiator. Acara tersebut digelar tidak hanya untuk memeriahkan Marketing Fair tapi juga mempunyai kesan yang berbeda dari acara pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga terkesan tidak melulu hanya berjualan. Hasilnya cukup mendapat respon yang baik dimana banyak masyarakat terutama mahasiswa yang mendaftar sebagai peserta.Tidak hanya sekedar untuk mengisi acara tapi juga untuk mengikuti festival. Dengan jumlah 15 peserta untuk band, 5 peserta untuk dance dan 2 peserta untu mading, acara Marketing Fair semakin ramai dengan suara musik yang membuat acara menjadi meriah.

Nah kalau berbicara mengenai kendala acara ini pun tidak luput dari hal itu. Setiap acara tidak melulu mulus begitu saja begitu juga dengan acara ini. Kendala demi kendala terus dihadapi mulai dari proses sebelum acara sampai ketika acara berlangsung. Namun dengan kendala yang ada tidak menyurutkan niatan mahasiswa-mahasiswa tersebut untuk menghentikan kegiatan Marketing Fair yang berlangsung. Tapi hasilnya justru mendapatkan apresiasi yang baik. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya mahasiswa maupun dosen yang belanja di acara Marketing Fair. Suatu gebrakan yang bagus karena mendapat apresiasi yang menyenangkan dari warga Polinema sendiri.

Pada akhirnya pengumuman pemenag disampaikan pada acara penutupan yang digelar pada hari terakhir acara. Selamat bagi para pemenang serta mahasiswa Adminstrasi Niaga yang telah menggelar acara Marketing Fair

Advertisements

One response to “MARKETING FAIR di Polinema

  1. makasih ya acara qt dh di liput ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s