Peluang Indonesia menjuarai Piala AFF


“Indonesia Indonesia Indonesia….”

“Indonesia Indonesia Indonesia….”

“Garuda didadaku, Garuda kebangsaanku”

“Ku yakin hari ini pasti menang…”

Kalimat itulah yang selalu muncul dari para suporter yang sangat berbangga terhadap Tim Nasional Indonesia  yang telah mengalahkan Filipina  Kamis  malam ini (16, Desember 2010).

Garuda Indonesia, akhirnya setelah penetrasi selama 31 menit C. Gonzales dkk.  Dapat membobol gawang Filipino (orang-orang Filipina). Negara yang menggunakan bahasa tagalog itu harus menyerah dengan skor 1-0 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Dengan berbekal kemenangan 1-0 di leg pertama, pastilah tim Garuda memiliki asa untuk mempertahankan serta mengulang momentum pada tahun 2000, 2002, 2004 yaitu lolos dari semi final dan menuju babak final.

Perjalanan pertandingan berlangsung sengit. Serangan demi serangan dibangun oleh kedua kubu. Skill individu dari Filipina selalu menyulitkan pertahanan Garuda Indonesia, terutama yang diakselerasikan oleh duo Husband bersaudara. Indonesia pun tak kalah tangguhnya dengan berbekal kekuatan semangat serta kecepatan akselerasi yang didukung dengan moral para supporter.

Apakah ini termasuk bagian dari kemajuan persepakbola Indonesia?

Jika muncul pertanyaan seperti itu memang terlihat ada perubahan secara signifikan mulai dari permainan tim, kolektifitas, serta disiplin pertahanan yang terlihat dalam pertandingan. Tim Merah Putih pun mengalami kemajuan kenaikan pringkat FIFA yaitu peringkat 127 dengan kenaikan 8 tangga dari sebelumnya. Hal ini menunjukan bahawa adanya kemajuan dari Tim Nasional Indonesia Itu sendiri.

Bangsa Indonesia tentunya sangat bangga sekali dengan gaya persepakbola yang digunakkan Indonesia sekarang, bisa di lihat dari supporter yang begitu fanatisme. Sepakbola memang olahraga yang paling disukai oleh 80% penduduk dunia. Karena itu tak salah jika supporter Indonesia dengan semangatnya bersatu dan berkumpul untuk menyemangatkan tim kebanggaannya.

Apakah Tim Nasional Indonesia kedepan memiliki peluang dalam merebut piala-piala dalam kompetisi lainnya?

Sangat memungkinkan bahwa tim Nasional Indonesia bisa mendapatkannya, akan tetapi konsistensi dan bermain harus tetap dijaga. Indonesia bisa saja jika tahun ini sukses merengkuh tropi AFF, maka di tahun berikutnya dapat merengkuh tropi yang lebih bergengsi lainnya seperti Piala Asia (AFC) ataupun mungkin lolos kualifikasi World Cup 2014.

Apakah Indonesia dapat memiliki peluang berpartisipasi dalam World Cup 2014 ?

Kita tunggu perkembangan Tim Nas Selanjutnya

Salam Olahraga.

by M. Mushonnif

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s