Forum Pertukaran Budaya (Intercultural Exchange Forum)


Sedikit curhat, ini posting pertama dari kompeners tingkat satu. Jadi harap dimaklumi kalau ada salah kata, kami belum sesempurna kakak-kakak senior kompen yang sudah outstanding : )

Well, yang akan kami share disini adalah apa yang sedikit kami temukan di sudut jurusan Akuntansi Polinema. Di suatu kelas tingkat I, pada mata kuliah Bahasa Inggris, terdapat suatu program pembelajaran yang cukup unik. Yaitu komunikasi antara mahasiswa kelas tersebut dengan mahasiswa suatu universitas di Taiwan menggunakan bahasa Inggris. Komunikasi tersebut dilakukan melalui email atau facebook. Sedangkan untuk partner masing-masing, ditentukan oleh dosen mata kuliah tersebut.

Adanya proyek ini dikarenakan dosen mata kuliah bahasa Inggris di kelas tersebut mengadakan kerjasama dengan dosen bahasa Inggris di suatu universitas di Taiwan. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris serta menjalin hubungan baik mahasiswa antar-negara.

Topik yang dibahas di forum ini ada tiga macam, yang pertama tentang kehidupan sehari-hari (daily life), topik kedua tentang arti nama dari partner masing-masing dan budaya pemberian nama bayi yang baru lahir di Taiwan (meaning of name and naming culture in Taiwan), sedangkan yang ketiga tentang mekanisme pendidikan di Taiwan (education in Taiwan).

Mekanisme pengerjaan proyek ini ada beberapa tahap. Pertama, melakukan komunikasi dengan partner masing-masing yang sudah ditentukan, membicarakan topik yang dibahas. Kemudian informasi tersebut dirangkum untuk segera dikoreksi oleh dosen. Tahap ketiga, tulisan yang sudah dikoreksi segera diposting di website. Untuk yang terakhir, mahasiswa diminta mempresentasikan hasil komunikasinya di depan kelas.

Proyek ini sudah mencakup beberapa aspek nilai, antara lain melatih reading, writing, dan speaking. Sehingga sepertinya proyek ini cukup efektif, karena menggabungkan beberapa aspek penilaian dalam suatu metode yang unik. Apabila ingin melihat tulisan hasil komunikasi ini maka dapat dilihat di website : intercultural.teamtalk.net

Interesting enough, right? Selain bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan mempelajari budaya negara lain, proyek ini juga bisa menjalin komunikasi yang baik antara mahasiswa beda negara.

 

by Masyitha Nur Shabrina

Advertisements

One response to “Forum Pertukaran Budaya (Intercultural Exchange Forum)

  1. weh, baruu..
    aq y pengen ngasih tulisan titik2.. hohohh..
    sipp.. :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s